Cookies Bunga


Resep : Mbak Nikmatul Rosidah & NCC indonesia
Rebake : Dewi

Untuk Cookies nya, saya pakai vanilla shortbreadnya mbak Nikmatul. karena tanpa telur. karena krucils gak boleh banyak2 telur. dan terigunya saya ganti perbandingan itu, untuk gluten free flour. pakai bahan yang ada saja di rumah. sebenarnya sih krucils toleran terhadap gluten. cuma bundanya aja yang pengen sekalian nyoba.
untuk royal icingnya, saya pakai punya NCC. tetap tidak bisa menghindar dari putih telur untuk iniπŸ˜‚πŸ˜‚.

dan sekarang berakhir dengan pembatasan makan cookies ini. karena ayah gak mau anak2 nya kebanyakan makan gula. karena si kecil cuma makan toppingnya saja. kuenya diemut. hahaha.. (sama dengan saya sih dulu). maksudnya, hanya ingin berbagi nostalgia makanan masa kecil bunda nya pada mereka.

nha ini resepnya saya cantumkan dua duanya ya. yang mau coba, monggo.

Resep : Vanilla Shortbread by mbak Nikmatul Rosidah

227gr butter (saya pakai margarine, untuk non dairy)
2sdt vanila
250gr terigu protein rendah. (untuk gluten free, saya pakai perbandingan tepung beras/rice flour : tapioka : maizena = 6 : 2 : 1) info ini saya dapat dari cozy kitchen (http://dapurummumusasyi.blogspot.co.id/2013/05/cara-membuat-gluten-free-flour-gff.html?m=1)
75gr gula halus /icing sugar (berhubung tidak punya, saya pakai gula pasir dihaluskan)
75 gr maizena (tetap saya tambahkan)
—–
Resep NCC

Bahan cookies:

300 gr mentega
100 gr gula bubuk
4 butir kuning telur
500 gr tepung terigu protein rendah
1 sdm maizena
1 sdt ekstrak vanilla

Cara membuat:

Siapkan loyang kue kering, olesi margarin tipis-tipis. Panaskan oven 140 derajat celcius.Kocok mentega dan gula bubuk sampai lembut. Masukkan kuning telur satu persatu, kocok lagi sampai tercampur rata. Masukkan terigu, maizena dan vanilla. Aduk rata sampai bisa dibentuk. Bila adonan masih lunak, tambahkan terigu 1-3 sdm.Gilas adonan setebal 5mm, cetak bentuk bunga. Susun dalam loyang, panggang kurang lebih 20 menit atau sampai keemasan. Keluarkan,  dinginkan di atas rak. Kukis siap dihias.
——-
Royal Icing (NCC)

Bahan:

50 gr putih telur
300 gr gula bubuk bermutu baik (kalau gak bagus, gak bakalan mengeras lho. saya pernah ngalamin)
1 sdm air jeruk nipis/lemon atau cuka dapur

Cara membuat:

Kocok putih telur dengan mixer sampai berbusa, masukan gula bubuk secara bertahap, masukan air jeruk lemon/cuka, kocok terus sampai mengental dan berbentuk krim yang mudah dispuit.

Bagi adonan ke dalam 3-4 mangkok, warnai sesuka hati, aduk rata.Masukkan setiap warna kedalam plastik segitiga (piping bag).Pasang spuit bintang pada piping bag yang lain. Gunting ujung piping bag berisi royal icing, masukkan ke dalam piping bag yang sudah terpasang spuit. Semprotkan icing ke atas kukis yang sudah dingin.
Biarkan atau angin-anginkan sebentar hingga icing mengeras. (kalau saya, saya oven dengan api keciiiil, sekitar 10-15 menit. taruh di rak atas. ya saya agak paranoid saja, mbayangin putih telor mentah πŸ˜‚)
Simpan cookiesdalam wadah kedap udara.

selamat mencoba.

Leave a comment