Cookies Bunga

Resep : Mbak Nikmatul Rosidah & NCC indonesia
Rebake : Dewi

Untuk Cookies nya, saya pakai vanilla shortbreadnya mbak Nikmatul. karena tanpa telur. karena krucils gak boleh banyak2 telur. dan terigunya saya ganti perbandingan itu, untuk gluten free flour. pakai bahan yang ada saja di rumah. sebenarnya sih krucils toleran terhadap gluten. cuma bundanya aja yang pengen sekalian nyoba.
untuk royal icingnya, saya pakai punya NCC. tetap tidak bisa menghindar dari putih telur untuk ini😂😂.

dan sekarang berakhir dengan pembatasan makan cookies ini. karena ayah gak mau anak2 nya kebanyakan makan gula. karena si kecil cuma makan toppingnya saja. kuenya diemut. hahaha.. (sama dengan saya sih dulu). maksudnya, hanya ingin berbagi nostalgia makanan masa kecil bunda nya pada mereka.

nha ini resepnya saya cantumkan dua duanya ya. yang mau coba, monggo.

Resep : Vanilla Shortbread by mbak Nikmatul Rosidah

227gr butter (saya pakai margarine, untuk non dairy)
2sdt vanila
250gr terigu protein rendah. (untuk gluten free, saya pakai perbandingan tepung beras/rice flour : tapioka : maizena = 6 : 2 : 1) info ini saya dapat dari cozy kitchen (http://dapurummumusasyi.blogspot.co.id/2013/05/cara-membuat-gluten-free-flour-gff.html?m=1)
75gr gula halus /icing sugar (berhubung tidak punya, saya pakai gula pasir dihaluskan)
75 gr maizena (tetap saya tambahkan)
—–
Resep NCC

Bahan cookies:

300 gr mentega
100 gr gula bubuk
4 butir kuning telur
500 gr tepung terigu protein rendah
1 sdm maizena
1 sdt ekstrak vanilla

Cara membuat:

Siapkan loyang kue kering, olesi margarin tipis-tipis. Panaskan oven 140 derajat celcius.Kocok mentega dan gula bubuk sampai lembut. Masukkan kuning telur satu persatu, kocok lagi sampai tercampur rata. Masukkan terigu, maizena dan vanilla. Aduk rata sampai bisa dibentuk. Bila adonan masih lunak, tambahkan terigu 1-3 sdm.Gilas adonan setebal 5mm, cetak bentuk bunga. Susun dalam loyang, panggang kurang lebih 20 menit atau sampai keemasan. Keluarkan,  dinginkan di atas rak. Kukis siap dihias.
——-
Royal Icing (NCC)

Bahan:

50 gr putih telur
300 gr gula bubuk bermutu baik (kalau gak bagus, gak bakalan mengeras lho. saya pernah ngalamin)
1 sdm air jeruk nipis/lemon atau cuka dapur

Cara membuat:

Kocok putih telur dengan mixer sampai berbusa, masukan gula bubuk secara bertahap, masukan air jeruk lemon/cuka, kocok terus sampai mengental dan berbentuk krim yang mudah dispuit.

Bagi adonan ke dalam 3-4 mangkok, warnai sesuka hati, aduk rata.Masukkan setiap warna kedalam plastik segitiga (piping bag).Pasang spuit bintang pada piping bag yang lain. Gunting ujung piping bag berisi royal icing, masukkan ke dalam piping bag yang sudah terpasang spuit. Semprotkan icing ke atas kukis yang sudah dingin.
Biarkan atau angin-anginkan sebentar hingga icing mengeras. (kalau saya, saya oven dengan api keciiiil, sekitar 10-15 menit. taruh di rak atas. ya saya agak paranoid saja, mbayangin putih telor mentah 😂)
Simpan cookiesdalam wadah kedap udara.

selamat mencoba.

Advertisements

Salted Caramel Soya Cookies

20170308_212123-01.jpeg

Masih ingat dengan SKM soya dan salted caramel soya homemade kan. akhirnya diberdayakan jadi cookies. karena anak saya alergi susu sapi dan mengurangi telur, jadilah saya pilih resep ini. simpel banget. ditambah free gluten ya. karena terigunya saya ganti sagu. rasanya enaaaak pakai banget. meski bentuknya gak karuan. tapi kata anak saya, yang penting enak bunda. 😍😍😍

Source : Cookpad Siti Nur’asiah
Rebake : Dewi

Bahan:

120 ml Susu Kental Manis (saya pakai SKM homemade soya)
110 gr Butter (saya pakai margarine)
175 gr Self raising flour (saya pakai starch flour / Tepung sagu)

Cara Membuat:

  1. Mixer Butter dan SKM sampai lembut
  2. Masukkan Tepung. aduk rata
  3. Bentuk sesuai selera (saya isi dengan salted caramel soya homemade)
  4. Panggang sampai matang
  5. Dinginkan, simpan dalam Toples

Selamat mencoba

Salted Caramel Soya

20170308_212939-01.jpegSource : Cookpad by Mbak Nur Sabatiana (Butterscoth Saus / Saus Karamel)

Rebake : by Dewi

Masih ingat kan susu kedelai homemade. nha ini efek sampingnya. karena bikin susu kedelai nya kebanyakan. salah satunya dijadikan saus karamel.

Bahan:
200 gr gula pasir
90 gr butter (saya pakai margarine)
170 gr whipping cream (saya pakai susu kedelai organik homemade)
1/2 sdt garam (kurangi atau skip bila pakai salted butter)

Cara Membuat:

  1. Panaskan pan anti lengket dengan api sedang ke kecil
  2. Masukkan gula pasir dan masak sampai mencair dan kecoklatan
  3. Masukkan butter (hati-hati karena akan berbuih) dan aduk sampai meleleh dan rata
  4. Masukkan Whipping Cream dan garam, aduk sampai kekentalan yang diinginkan
  5. Masukkan ke botol kaca, dinginkan baru di tutup, simpan dalam kulkas

Selamat Mencoba

Susu Kedelai Organik Homemade

20170304_141936-01.jpeg

Source : Mbak Yeni Suryasusanti
Rebake by Dewi

Bahan:

125 gr Kacang Kedelai (saya pakai kedelai organic)
1500 ml air matang
10 % gula pasir (dari hasil perasan nanti)

Cara Membuat:

  1. Cuci bersih Kacang Kedelai, rendam semalaman. Kupas kulitnya, cuci bersih, blender dengan 1500ml air.
  2. Saring pakai kain saring.
  3. Ukur hasilnya, tambah gula 10% dari hasil perasan (misal 1 liter susu, gulanya 100 gr)
  4. Masak sampai mendidih sambil diaduk, kecilkan api, masak sampai beberapa saat. Biar tanak dan tidak mudah basi. Bisa ditambah daun pandan, atau vanilla pasta, atau vanilla bean.

Selamat mencoba..

Susu Kental Manis Kedelai Organik Homemade

#susukentalmaniskedelaililjaz
#susukedelaiorganikliljaz
#resepsusukentalmanishomemade

Resepnya hasil googling :
Rebake : Dewi

Bahan :

1 liter susu UHT (saya pakai susu kedelai organik homemade)
250gr gula pasir (menurut saya terlalu manis. mungkin bisa dikurangi)
1 sdm butter (saya pakai margarine)

cara membuat:

1. panaskan susu dengan gula. aduk aduk. setelah mendidih, kecilkan api. keciiiil banget. diaduk2. paling gak setiap 15 menit. supaya tidak jadi lapisan atasnya
2. sekitar 2jam. susu agak berkurang volumenya. masukkan butter/margarine. aduk rata.
3. setelah agak mengental. matikan api. biarkan dingin.
4. tempatkan di toples. simpan di kulkas

note: setelah benar2 dingin, dia akan lebih kental.

jadinya seperti warna karamel punya saya. maniiiiis banget. gak ada bau gosong kok.

silahkan mencoba.

Sambal Bawang Surabaya

Source : Mbak Rina Sofiani
Rebake by Dewi

#sambalbawangsurabaya akhirnya jadi juga. lumayan mirip lah sama sambal bawang terkenal di surabaya itu. ini resepnya pakai punya mbak Rina rinso Sofiany. tapi berhubung mau bikin, resep gak ketemu. jadinya hanya berdasarkan ingatan.

bahan:

cabe n bawang merah = 1:1
kemaren pakai cabe 150gr
bawang merah 150gr
minyak goreng secukupnya
garam
kaldu bubuk (bisa di skip) kalau saya pakai kaldu bubuk tengiri homemade jadi non msg

Cara membuat:
cabe dan bawang merah jangan diiris ya.. setelah cuci, digoreng dengan minyak secukupnya sampai terendam. setelah agak layu. matikan api. tunggu dingin. diuleg (jangan halus2).

masukkan lagi dalam minyak. goreng lagi. tambah garam dan kaldu bubuk secukupnya. sampai minyak berubah merah. 
matikan api. dinginkan. tempatkan dalam toples.
note:
yang kemaren itu, jadi 2 toples selai.

berhubung gak pakai pengawet. jadi masukkan dalam kulkas ya. pernah nyoba, hanya bertahan beberapa hari di suhu ruang.

Homemade Saus Sambal 

Resep:

500 gr cabe merah besar
250 gr cabe rawit. (Kalau suka pedas, silahkan ditambah)
7-10 siung bawang putih
250gr gula pasir (dikurangi saja. Karena kemaren agak kemanisan jadinya)
1 sdm garam
+/- 500ml air

Cara membuat :

  1. Semua bahan blender jadi satu sampai halus.
  2. Masak di atas api. Sampai buihnya hilang dan mengental. Sambil diaduk aduk.
  3. Setelah matang. Diamkan hingga dingin. Simpan dalam wadah bersih.