Resep Bolu Kukus Gula Merah


Sumber :  Saudara sendiri ;)
 
Bahan :
200 gr Gula Merah
Susu Kental Manis (SKM) Coklat 1/2 sachet (lupa berapa ml ya…)
250 gr Terigu Protein Rendah (Segitiga Biru)
1 butir Telor Utuh
1 butir Kuning telor
1 sdt Soda Kue
1 sdt Vanili
1 gelas (kurang lebih 250 ml) Air
1/2 gelas (kurang lebih 125 ml) Minyak goreng
 
Cara Membuat:
  1. Gula Merah direbus dengan air sampai larut, sisihkan/dinginkan
  2. Telor dikocok lepas, tambahkan SKM
  3. Masukkan Tepung, vanili & soda kue sambil diayak sedikit demi sedikit, campur rata.
  4. Masukkan larutan gula, campur rata.
  5. Masukkan Minyak Goreng, campur rata.
  6. Tuang ke cupcake paper.
  7. Kukus dengan api besar sampai matang +/- 15 menit.
35 thoughts on “Resep Bolu Kukus Gula Merah

  1. halo mbk dewi,…mhn izin mbk to mencb buat resep kue nya,..
    oh y mbk,aku msh bingung dengan resep mbk nie yg SKM sachet to kyk mn???yg 45 g kah??soalny tkt g mns,..heheheh,mksh sblm nya y mbk,…

    • Mbak Mitha, monggo dicoba. SKM sachet punyanya frisian flag, kalo ga salah. kalo yang 45 gr, tuh bukannya yang kaleng ya.. kalau sachet ga sampe segitu kok sepertinya.waktu itu asal nyomot sachetnya aja. kalau sempat, coba ntar malem kulihatkan berapa gram ya..

      • Eh iya mbak, bener 42 gr an.hehe.berarti 1/2 sachetnya sekita 21gr an. pas mbuat, cuma langsung dikira-kira 1/2 sachet, trus aduk aduk. 2 x mbuat, Alhamdulillah jadi terus.

    • Wah mbak kalau aku bikinnya pake cetakan plastik,yang ada lubang2nya itu lho.trus dikasih cupcake liner,a.k.a kertasnya cupcake.belum pernah nyoba pake cetakan agar2 plastik

    • Waduh mbak,aku gak pernah nyobain pakai santan jeh. Maaf ga bisa kasih masukan.mending nyoba 1/2 resep dulu.atau susu kental manisnya diganti santan kara yang kental itu,ga usah tambah air.jadi banyaknya cairan tetep sama.

  2. mba’ minggu kmrn aq nyoba resepnya, tp kaget adonannya kok molor kayak dodol trus aq berenti ngaduknya soalnya aq ngaduknya pake mixer.trus kok g mekar to mb’ tp.rasanya enak dan empuk.apa kurang ngaduk yang terakir hbs dimasukin tepung ya.maklum pemula mohon sarannya

  3. dear mba dewi,

    saya begitu penasaran dng bolu kukus yng gag bisa mekar sudah 2 x mencoba dengan paket resep yang sudah siap pakai tapi hasilnya gagal semua ;
    1. pertama mencoba…sepertinya kurang air soda , sedikit mekar tapi hasilnya bantat
    2. percobaan ke 2, mixer sdh 20 mnt dan sudah sesuai aturan air soda malah keenceran…bukannya ngembang tapi nyungsrep ke dalam alias lembek. dan waktu ngukus gag bisa tepat waktunya…cenderung lama
    3. yang ke 3 ini saya pakai resepnya mba dewi sepertinya mudah , kemudian saya coba 1/2 resep, baking soda sy ganti tbm krnya itu yg sy punya dan bahan lainnya tetap sama cuman kog waktu ngukusnya ndak bisa 15 menit ya mba?? mesti lebih lama paling ndak 45 menit itu pun mekar sedikit trus bantat
    **** saya bertanya-tanya apa mungkin cup almunium cetakannya terlalu tebal, ato apanya ya mba???
    thx a lot

    wina

    • Salam Kenal Mbak Wina,

      Bukannya TBM itu sejenis emulsifier/stabilizer telor ya…cuma biar telornya stabil/tidak nyungsep. itu juga pemakaiannya, biasanya di mikser sama telur sampai adonan benar benar kental berjejak. bukan untuk pengembang seperti Soda Kue.
      Kalau diresep saya kan telornya cuma dikocok lepas, tidak sampai kental berjejak. pemakaian soda kue juga dicampur kan dengan bahan tepung dulu. baru dicampur sedikit demi sedikit (sambil diayak) ke adonan telur + SKM. dan saya bikin selama ini, selalu berhasil. saya belum pernah menggantikan soda kue dengan TBM.
      saya pakai cetakan roti kukus, yang lubang lubang dari plastik itu.
      Mungkin bisa dicoba lagi sesuai resep ya…semoga berhasil.

  4. kmaren saya coba resepnya..
    rasanya enak tp bentuknya kurang menarik,ga mletek kya yg d gambar..
    ntuh nuangadonannya agk penuh ta mba biar jd mletek hasilnya..
    mkasih..

    • mbak, waktu itu, saya ngisi adonannya penuh. trus air kukusannya sudah panas betul, baru adonan masuk kukusan. masaknya dengan api besar. dan jangan lupa tutup kukusannya di alasin kain serbet, biar air kukusannya gak netes di kuenya (selama ngukus)

  5. mbak, aku bikinnya resep ini gak pakai mixer kok. coz saudara yang ngasih resepnya, kan gak punya mixer :) tapi beberapa kali bikin selalu berhasil tuh. mudah dan enak :)

  6. Mbak,salam kenal.aku sudah coba resepnya…..wow amazing,ketika kukusan kubuka semuanya mekar cantiik banget..mudah,cepat,dan ndak perlu pake mixer.mantab dech:D

Leave a Reply

